Guru-gurunya Maulana Syaikh
Telah
disebutkan di atas, bahwa sebelum beliau melanjutkan studinya ke tanah suci
Makkah, pertama-tama beliau belajar ilmu agama pada tuan guru tuan guru yang
terkenal di kala itu, karena memiliki ilmu yang mendalam. Di antaranya ayah
kandungnya sendiri, yaitu TGH Abdul Majid yang lebih dikenal dengan sebutan
“Guru Mu’minah”. Pada ayah kandungnya, beliau belajar membaca Al-Qur’an, Ilmu
Tajwid dan lain-lainnya, sedangkan Ilmu Nahwu, Shorf dan Ilmu Fiqh serta
ilmu-ilmu yang terkait dengan itu, beliau belajar pada TGH Syarafuddin Pancor
dan TGH Abdullah bin Amaq Dulaji Kelayu Lombok Timur.
Sesudah beliau
berada di tanah suci Makkah Al Mukarramah, beliau belajar berbagai disiplin
ilmu agama Islam dengan amat tekun di Masjidil Haram dan Madrasah
Ash-Shaulatiyah. Di tanah suci itulah beliau mengembang-kan dan membina dirinya
di bawah bimbingan, asuhan dan didikan ulama’-ulama’ terkemuka kota suci
Makkah, sehingga beliau berhasil dengan gemilang menjadi figur ulama’
terpandang dan memiliki kharisma besar di Makkah Al Mukarramah dan Indonesia,
karena memiliki bobot keilmuan yang tinggi dan mendalam.
Ulama’-ulama’
besar yang telah berjasa besar dalam mengajar dan mendidik beliau, khususnya di
Masjidil Haram dan Madrasah Ash Shaulatiyah adalah sebagai berikut :
1.
Al ‘Alimul ‘Allamah Asy
Shaikhul Kabir Al ‘arifubillah Maulanasy Syaikh Hasan Muhammad Al Masy-syath.
2.
Al ‘Alimul ‘Allamah Al Faqih
Maulanasy Syaikh Umar Bajunaid Asy Syafi’i
3.
Al ‘Alimul ‘Allamah Al Faqih
Maulanasy Syaikh Muhammad Said Al Yamani Asy Syafi’i
4.
Al ‘Alimul ‘Allamah Al
Mutafannin Sibawaihi Zamanihi Maulanasy Syaikh Ali Al Maliki.
5.
Maulanasy Syaikh Marzuqi Al
Falimbani.
6.
Maulanasy Syaikh Abu Bakar Al
Falimbani.
7.
Maulanasy Syaikh Hasan Jambi
Asy Syafi’i.
8.
Al ‘Alimul ‘Allamah Al Mufassir
Maulanasy Syaikh Abdul Qadir Al Mandili Asy Syafi’i.
9.
Al ‘Alimul ‘Allamah Ash Shufi
Maulanasy Syaikh Mukhtar Betawi Asy Syafi’i.
10.
Al ‘Alimul ‘Allamah Al
Muhaddits Maulanasy Syaikh Abdullah Al Bukhari Asy Syafi’i.
11.
Al ‘Alimul ‘Allamah Al
Muhaddits Maulanasy Syaikh Umar Hamdan Al Mihrasi Al Maliki.
12.
Al ‘Alimul ‘Allamah Al
Muhaddits Maulanasy Syaikh Abdus Sattar Ash Shiddiqi Abdul Wahab Al Kuthi Al
Maliki.
13.
Al ‘Alimul ‘Allamah Al
Muhaddits Maulanasy Syaikh Abdul Qadir Asy Syibli Al Hanafi.
14.
Al ‘Alimul ‘Allamah Al Adib Ash
Shufi Maulanasy Syaikh As Sayyid Muhammad Amin Al Kutbi Al Hanafi.
15.
Al ‘Alimul ‘Allamah Maulanasy
Syaikh Muhsin Al Musawa Asy Syafi’i.
16.
Al ‘Alimul Allamah Al Falaki
Maulanasy Syaikh khalifah Al Maliki.
17.
Al ‘Alimul ‘Allamah Maulanasy
Syaikh Jamal Al Maliki.
18.
Maulanasy Syaikh Ash Shalih
Muhammad Shalih Al Kalantani Asy Syafi’i.
19.
Al ‘Alimul ‘Allamah Ash Sharfi
Maulanasy Syaikh Mukhtar Makhdun Al Hanafi.
20.
Maulanasy Syaikh Salim Gianjur
Asy Syafi’i.
21.
Maulanasy Syaikh As Sayyid
Ahmad Dahlan Shadaqah Asy Syafi’i.
22.
Al ‘Alimul ‘Allarnah Al
Mu’arrikh Maulanasy Syaikh Salim Rahmatullah Al Maliki.
23.
Maulanasy Syaikh Abdul Gani Al
Maliki.
24.
Maulanasy Syaikh As Sayyid
Muhammad Arabi At Tubani Al Jazairi Al Maliki.
25.
Maulanasy Syaikh Umar Al Faruq
Al Maliki.
26.
Maulanasy Syaikh Al Wa’idh Asy
Syaikh Abdullah Al Farisi.
27.
Maulanasy Syaikh Malla Musa
28.
dan lain-lain.
Telah
dikemukakan, bahwa sewaktu beliau belajar di Madrasah Ash Shaulatiyah Makkah Al
Mukarramah, beliau belajar dengan amat tekun. “Tiada waktu tanpa belajar”.
Begitulah falsafah beliau pada waktu itu. Beliau belajar dan terus belajar
menekuni berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan agama Islam pada
ulama’-ulama’ besar tersebut.
Ilmu Tajwid,
Al Qur’an dan Qira’at Sab’ah, beliau belajar pada :
1.
Asy Syaikh Jamal Mirdad (Imam
di Makam imam Hanafi di Masjidil Haram)
2.
Asy Syaikh Umar Arbain (Ahli Al
Qur’an dan Qasidah yang sangat terkenal pada waktu itu)
3.
Asy Syaikh Abdul Latif Qari’
(Guru besar Qiraat Sab’ah di Madrasah Ash Shaulatiyah)
4.
Asy Syaikh Muhammad ‘Ubaid
(Kepala Guru/Guru besar dalam bidang Tajwid dan Qiraat yang sangat terkenal di
Makkah)
5.
Dan beberapa Guru Besar Al
Qur’an lainnya.
Ilmu Fiqh,
Tashawwuf, Tauhid, Ushulul Fiqh dan Tafsir, beliau belajar pada :
1.
Al ‘Allamah Asy Syaikh Umar
Bajunaid Asy Syafi’i.
2.
Al ‘Allamah Asy Syaikh’Muhammad
Said Al Yamani.
3.
Al ‘Allamah Asy Syaikh Mukhtar
Betawi.
4.
Al ‘Allamah Asy Syaikh Abdul
Qadir Al Mandili (Murid khusus dari Al ‘Allamah Asy Syaikh Ahmad Khathib
Minangkabau, Sumatera Barat)
5.
Al ‘Allamah Al Faqieh Asy
Syaikh Abdul Hamid Abdur Rabb Al Yamani.
6.
Al Mutafannin Al ‘Allamah As
Sayyid Muhsin Al Musawa (Muassis/Pendiri Darul ‘Ulum Ad Diniyah, Makkah Al
Mukarramah).
7.
Al ‘Allamah Al Adieb Asy Syaikh
Abdullah Al Lahaji Al Farisi (Pengarang yang sangat terkenal)
Ilmu ‘Arudl
(Syair Bahasa Arab) beliaubelajar pada:
1.
Al ‘Allamah Asy Syaikh Abdul
Gani Al Qadli.
2.
Al ‘Allamah Al Adieb As Sayyid
Muhammad Amin Al Kutbi.
Ilmu Falak,
beliau belajar pada :
1.
Maulanasy Syaikh Salim Cianjur
(Jawa Barat)
2.
Al ‘Alimul ‘Allamah Al Falaki
Maulanasy Syaikh khalifah Al Maliki
3.
Al ‘Allamah As Sayyid Ahmad
Dahlan Shadaqah Asy Syafi’i..
Ilmu Hadits,
Mushthalahul Hadits, Mushthalahut Tafsir ilmu Fara’idl, Sirah (Tarikh) dan
berbagai ilmu alat (Nahwu-Shorf) beliau belajar pada :
1.
Al ‘Allamah Al Kabir Sibawaihi
Al Mutafannin Sibawaihi Zamanihi Asy Syaikh Au Al Maliki.
2.
Al ‘Allamah Al Jalil Asy Syaikh
Jamal Al Maliki.
3.
Al ‘Alimul ‘AllamahAl Kabier Al
Muhaddits Maulanasy Syaikh Umar Hamdan Al Mihrasi Asy Syafi’i.
4.
Al. ‘Alimul ‘Allamah Al
Muhaddits Maulanasy Syaikh Abdullah Al Bukhri Asy-safi’i (Mufti Istambul).
5.
Maulana Wa Murabbi Abil Barakat
Al ‘Alimul ‘Allamah Al Ushuli Al Muhaddits Ash Shufi Al ‘Arifu Billah Maulanasy
Syaikh Hasan Muhammad Al Masysyath Al Maliki.
6.
Al ‘Alimul ‘Allamah Ash Shorfi
Maulanasy Syaikh Mukhtar Machdum Al Hanafi.
7.
Al ‘Ailmul ‘Allamah Maulanasy
Syaikh As Sayyid Muhsin Al Musawa.
8.
Al. ‘Alimul ‘Allamah Al Adieb
Ash Shufi Maulanasy Syaikh As Sayyid Muhammad Amin Al Kutbi Al Hanafi
9.
Al ‘Allamah Asy Syaikh Umar Al
Faruq Al Maliki.
10. Al
‘Allamah Al Kabier Asy Syaikh Abdull Qadir Asy Syalabi Al Hanafi.
11. Dan
lain-lain.
Ilmu Awrad
(Ahzab) beliau belajar pada :
1.
Al ‘Allamah (Kiai) Falak (Bogor
Jawa Barat)
2.
Maulanasy Syaikh Malla Musa Al
Magribi.
Al Khath
(Kaligrafi), beliau belajar pada :
1.
Al Khatthath Asy Syaikh Abdul
Aziz Langkat
2.
Al Khatthath Asy Syaikh
Muhammad Al Rais Al Mailki.
3.
Al Khatthath Asy Syaikh Daud Al
Rumani Al Fatharil.
Perlu
diketahui, bahwa. guru-guru besar beliau tersebut dan yang lainnya, semuanya
menganut faham Ahlussunnah wal Jama’ah. Tegasnya tidak ada satu pun yang
menganut faham selain itu, seperti Mu’tazilah, Wahabi dan lain-lain.
Kenyataan ini
membuktikan kebenaran ucapan dan pesan-pesan beliau kepada seluruh muridnya
yang sering disampaikan pada banyak kesempatan, yaitu “Hati-hatilah mencari dan
memilih guru, jangan sembarang pilih. Pilihlah guru yang memenuhi syarat,
karena guru merupakan sumber ilmu dan kebenaran serta panutan bagi murid untuk
mencapai kebahagiaan baik di dunia-maupun di akhirat. Syarat menimal bagi
seorang guru adalah berbakti kepada kedua orang tua, taat kepada guru,
berakhlaq baik dan memlilki kemampuan ilmu”.
Dalam kata
pengantar .yang beliau tulis untuk kitab Bugyatul Mustarsyidin karya Maulanasy
Syaikh Hasan Muhammad Al Masysyath antara lain beliau menulis dalam bahasa Arab
yang artinya :
“Bahwa Nabi
Muhammad Saw telah menasihati ummatnya dalam hadits yang diriwayatkan Al Hakim
dan Anas ra. sabda beliau :
اِنَّ هَذَاالْعِلْمَ
دِيْنٌ فَانْظُرُوْاعَمَّنْ تَأْخُذُوْنُ دِيْنَكُمْ
Artinya
: “Sesungguhnya ilmu ini (yaitu tentang halal, haram) adalah agama, maka
perhatikan dari siapa kalian mempelajari agama kalian”.
Yang dimaksud
dengan “Al Ilmu” dalam hadits terse but adalah ilmu syari’at meliputi tafsir,
hadits dan fiqh. Hadits ini beliau tafsirkan dengan sabda beliau yang
diriwayatkan Ibnu ‘Asakir dari Malik r.a. yaitu :
لاَ تَحْمِلِ الْعِلْمَ
عَنْ أَهْـلِ الْبِدَعِ وَلاَ تَحْمِلْهُ عَمَّنْ لَمْ يُعْرَفْ بِالطَّلَبِ وَلاَ
عَمَّنْ يَكْذِبُ فِى حَدِيْثِ النَّاسِ وَاِنْ كَانَ فِى حَدِيْثِ رَسُوْلُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ لاَيَكْذِبُ.
Artinya
: “Janganlah engkau belajar ilmu syari’at pada ahli bid’ah, jangan pula
mempelajarinya pada orang yang tidak diketahui pernah lama belajar, juga pada
orang yang suka berbohong dalam menceriterakan ucapan, perbuatan dan
persetujuan seseorang manusia, walaupun dalam menceriterakan hadits Rasulullah
Saw dia tidak pernah berdusta”.
Berkata Imam
Al Azizi dalam menjelaskan hadits yang pertama :
لاَ تَأْخُذُوْهُ (الْعِلْمَ
الشَّرْعِيَّ) اِلاَّ عَمَّنْ طَابَتْ سِيْرَتُهُ وَسَرِيْرَتُهُ وَتَحَقَّـقْـتُمْ
اَمَانَـتَهُ.
Artinya
: “Janganlah kalian mempelajari ilmu syari’at kecuali pada orang yang baik
riwayat hidupnya dan baik pula bathinnya serta kalian yakini kejujurannya”.
Dengan uraian
di atas, maka jelaslah silsilah dan sanad serta sumber ilmu agama yang tumbuh
dan hidup subur di Madrasah NWDI dan NBDI yang merupakan sumber jiwa dan
semangat perjuangannya dalam membina ummat dari sejak lahir, sekarang dan untuk
seterusnya adalah faham Ahlussunnah wal Jama’ah.
Karya-karyanya
TGKH Muhammad
Zainuddin Abdul Majid, selain tergolong tokoh ulama’ dengan bobot keilmuan yang
dalam, beliau juga penulis dan pengarang yang produktif. Bakat dan kemampuan
beliau sebagai pengarang ini, tumbuh dan berkembang dari sejak. beliau masih
belajar di Madrasah Shaulatiyah. Akan tetapi karena padat dan banyaknya acara
kegiatan keagamaan dalam masyarakat yang harus diisi beliau, maka peluang dan
kesempatan untuk memperbanyak tulisan dan karangannya tampaknya tidak pernah
ada.
Itulah
sebabnya pada beberapa kesempatan, beliau mengungkapkan keadaan seperti ini
kepada muridnya, bila mana beliau teringat pada kawan seperjuangannya di
Madrasah Ash Shaulatiyah Makkah yang juga telah tergolong ulama’ besar dan
pengarang terkenal seperti Maulanasy Syaikh Zakaria Abdullah Bila, Maulanasy
Syaikh Yasin Padang dan lain-lain. Mereka sekarang ini memiliki karya-karya
besar dalam bidang tulis menulis dan karang-mengarang.
Akan tetapi
TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid tidak pernah berkecil hati, walaupun kawan
seperguruannya menonjol dalam bidang tersebut. Beliau menyadari akan hal ini
karena situasi dan kondisi kehidupan ummat dan masyarakat yang dihadapi sangat
jauh berbeda, yaitu masyarakat Makkah di satu pihak dan masyarakat Indonesia di
pihak lain. Beliau pernah mengatakan “Seandainya aku mempunyai waktu dan
kesempatan yang cukup untuk menulis dan mengarang, niscaya aku akan mampu
menghasasin Padang, Syaikh Ismail dan
ulama’-ulama’ lain tamatan Madrasah Asy Shaulatiyah Makkah”.
TGKH Muhammad
Zainuddin Abdul Majid sekarang ini, tampaknya memang tidak cukup waktu dan
kesempatan untuk mengarang dan menulis, karena sebagian besar dan bahkan
seluruh waktu dan kehidupan beliau hanya dipakai dan dimanfaatkan untuk
mengajar dan terus mengajar, berdakwah keliling untuk membina ummat dalam upaya
menanamkan iman dan taqwa.
Kendatipun
demikian, di tengah-tengah kesibukan itu beliau masih menyempatkan diri untuk
mencoba mengembangkan bakat dan kemampuannya.
Bagi beliau,
mengarangan dan tulis menulis, bukanlah suatu tugas dan pekerjaan yang sulit,
karena hal ini merupakan bakat dan kemampuan dasar yang dianugrahkan Allah
kepada beliau. Bakat dan kemampuan dasar inilah yang terus tumbuh dan
berkembang sejak beliau masih belajar di Madrasah Ash Shaulatiyah Makkah,
sehingga tidak mengherankan kalau beliau mendapat pujijn dari salah seorang
maha gurunya, seorang penyair dan pujangga besar Arab, yaitu Maulanasy Syaikh:
As Sayid Muhammad Amin Al Kutbi yang sudah dikemukakan pada uraian yang
terdahulu.
Di antara
Karya Tulis dan Karangan beliau adalah :
A. Dalam
Bahasa Arab
1.
Risalatut Tauhid dalam bentuk
soal jawab (Ilmu Tauhid).
2.
Sullãmul Hija Syarah Safinatun
Naja (Ilmu Fiqih)
3.
Nahdlatuz Zainiyah dalam bentuk
nadham (limu Faraidi)
4.
At Tuhfatul Ampenaniyah Syarah
Nahdlatuz Zainiyah (Ilmu Faraidi)
5.
Al Fawakihul Ampenaniyah dalam
bentuk soal jawab (Ilmu Faraidi)
6.
Mi’rajush Shibyan ila Sama-i
Ilmil Bayan (Ilmu Balaghah)
7.
An Nafahat ‘alat Taqriratis,
Saniyah (Ilmu Mushtalah Hadits)
8.
Nailul Anfal (Ilmu Tajwid)
9.
Hizbu NahdlatuI Wathan (Do’a
dan Wirid)
10.
Hizbu Nahdlatul Banat (Do’a dan
Wirid kaum wanita)
11.
Shalawat Nahdlatain (Shalawat
Iftitah dan Khatimah)
12.
Thariqat Hizib Nahdlatul Wathan
(Wirid Harian)
13.
Ikhtisar Hizib Nahdlatul Wathan
(Wirid Harian)
14.
Shalawat Nahdlatul Wathan
(Shalawat iftita)
15.
Shalawat Miftahi Babi
Rahmatillah (Wirid dan do’a)
16.
Shalawat Mab’utsi Rahmatan lil
‘Alamin (Wirid dan do’a)
17.
Dan lain-lainnya.
A. Dalam
Bahasa Indonesia dan Sasak.
1.
Batu Ngompal (Ilmu Tajwid)
2.
Anak Nunggal Taqrirat Batu
Ngompal (Ilmu Tajwid)
3.
Wasiat Renungan Masa I & II
(Nasihat dan petunjuk perjuangan untuk warga NW)
B. Nasyid/Lagu
Perjuangan dan Dakwah dalam Bahasa Arab, Indonesia dan Sasak
1.
Ta’sis NWDI (Anti ya Pancor
biladi)
2.
Imamunasy Syafi’i
3.
Ya Fata Sasak
4.
Ahlan bi wafdizzairin
5.
Tanawwar
6.
Mars Nahdlatul Wathan
7.
Bersatulah haluan
8.
Nahdlatain
9.
Pacu gama’
10. Dan
lain-lainnya.
mampir brow di
BalasHapushttp://denmaceldm.blogspot.com