Kamis, 10 April 2014

Ke NWan Bagian V (PARA GURU DAN KARYA-KARYA MAULANA SYAIKH)


Guru-gurunya Maulana Syaikh



Telah disebutkan di atas, bahwa sebelum beliau melanjutkan studinya ke tanah suci Makkah, pertama-tama beliau belajar ilmu agama pada tuan guru tuan guru yang terkenal di kala itu, karena memiliki ilmu yang mendalam. Di antaranya ayah kandungnya sendiri, yaitu TGH Abdul Majid yang lebih dikenal dengan sebutan “Guru Mu’minah”. Pada ayah kandungnya, beliau belajar membaca Al-Qur’an, Ilmu Tajwid dan lain-lainnya, sedangkan Ilmu Nahwu, Shorf dan Ilmu Fiqh serta ilmu-ilmu yang terkait dengan itu, beliau belajar pada TGH Syarafuddin Pancor dan TGH Abdullah bin Amaq Dulaji Kelayu Lombok Timur.

Sesudah beliau berada di tanah suci Makkah Al Mukarramah, beliau belajar berbagai disiplin ilmu agama Islam dengan amat tekun di Masjidil Haram dan Madrasah Ash-Shaulatiyah. Di tanah suci itulah beliau mengembang-kan dan membina dirinya di bawah bimbingan, asuhan dan didikan ulama’-ulama’ terkemuka kota suci Makkah, sehingga beliau berhasil dengan gemilang menjadi figur ulama’ terpandang dan memiliki kharisma besar di Makkah Al Mukarramah dan Indonesia, karena memiliki bobot keilmuan yang tinggi dan mendalam.

Ulama’-ulama’ besar yang telah berjasa besar dalam mengajar dan mendidik beliau, khususnya di Masjidil Haram dan Madrasah Ash Shaulatiyah adalah sebagai berikut :

1.     Al ‘Alimul ‘Allamah Asy Shaikhul Kabir Al ‘arifubillah Maulanasy Syaikh Hasan Muhammad Al Masy-syath.
2.     Al ‘Alimul ‘Allamah Al Faqih Maulanasy Syaikh Umar Bajunaid Asy Syafi’i
3.     Al ‘Alimul ‘Allamah Al Faqih Maulanasy Syaikh Muhammad Said Al Yamani Asy Syafi’i
4.     Al ‘Alimul ‘Allamah Al Mutafannin Sibawaihi Zamanihi Maulanasy Syaikh Ali Al Maliki.
5.     Maulanasy Syaikh Marzuqi Al Falimbani.
6.     Maulanasy Syaikh Abu Bakar Al Falimbani.
7.     Maulanasy Syaikh Hasan Jambi Asy Syafi’i.
8.     Al ‘Alimul ‘Allamah Al Mufassir Maulanasy Syaikh Abdul Qadir Al Mandili Asy Syafi’i.
9.     Al ‘Alimul ‘Allamah Ash Shufi Maulanasy Syaikh Mukhtar Betawi Asy Syafi’i.
10.   Al ‘Alimul ‘Allamah Al Muhaddits Maulanasy Syaikh Abdullah Al Bukhari Asy Syafi’i.
11.   Al ‘Alimul ‘Allamah Al Muhaddits Maulanasy Syaikh Umar Hamdan Al Mihrasi Al Maliki.
12.   Al ‘Alimul ‘Allamah Al Muhaddits Maulanasy Syaikh Abdus Sattar Ash Shiddiqi Abdul Wahab Al Kuthi Al Maliki.
13.   Al ‘Alimul ‘Allamah Al Muhaddits Maulanasy Syaikh Abdul Qadir Asy Syibli Al Hanafi.
14.   Al ‘Alimul ‘Allamah Al Adib Ash Shufi Maulanasy Syaikh As Sayyid Muhammad Amin Al Kutbi Al Hanafi.
15.   Al ‘Alimul ‘Allamah Maulanasy Syaikh Muhsin Al Musawa Asy Syafi’i.
16.   Al ‘Alimul Allamah Al Falaki Maulanasy Syaikh khalifah Al Maliki.
17.   Al ‘Alimul ‘Allamah Maulanasy Syaikh Jamal Al Maliki.
18.   Maulanasy Syaikh Ash Shalih Muhammad Shalih Al Kalantani Asy Syafi’i.
19.   Al ‘Alimul ‘Allamah Ash Sharfi Maulanasy Syaikh Mukhtar Makhdun Al Hanafi.
20.   Maulanasy Syaikh Salim Gianjur Asy Syafi’i.
21.   Maulanasy Syaikh As Sayyid Ahmad Dahlan Shadaqah Asy Syafi’i.
22.   Al ‘Alimul ‘Allarnah Al Mu’arrikh Maulanasy Syaikh Salim Rahmatullah Al Maliki.
23.   Maulanasy Syaikh Abdul Gani Al Maliki.
24.   Maulanasy Syaikh As Sayyid Muhammad Arabi At Tubani Al Jazairi Al Maliki.
25.   Maulanasy Syaikh Umar Al Faruq Al Maliki.
26.   Maulanasy Syaikh Al Wa’idh Asy Syaikh Abdullah Al Farisi.
27.   Maulanasy Syaikh Malla Musa
28.   dan lain-lain.

Telah dikemukakan, bahwa sewaktu beliau belajar di Madrasah Ash Shaulatiyah Makkah Al Mukarramah, beliau belajar dengan amat tekun. “Tiada waktu tanpa belajar”. Begitulah falsafah beliau pada waktu itu. Beliau belajar dan terus belajar menekuni berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan agama Islam pada ulama’-ulama’ besar tersebut.

Ilmu Tajwid, Al Qur’an dan Qira’at Sab’ah, beliau belajar pada :
1.    Asy Syaikh Jamal Mirdad (Imam di Makam imam Hanafi di Masjidil Haram)
2.    Asy Syaikh Umar Arbain (Ahli Al Qur’an dan Qasidah yang sangat terkenal pada waktu itu)
3.    Asy Syaikh Abdul Latif Qari’ (Guru besar Qiraat Sab’ah di Madrasah Ash Shaulatiyah)
4.    Asy Syaikh Muhammad ‘Ubaid (Kepala Guru/Guru besar dalam bidang Tajwid dan Qiraat yang sangat terkenal di Makkah)
5.    Dan beberapa Guru Besar Al Qur’an lainnya.

Ilmu Fiqh, Tashawwuf, Tauhid, Ushulul Fiqh dan Tafsir, beliau belajar pada :
1.    Al ‘Allamah Asy Syaikh Umar Bajunaid Asy Syafi’i.
2.    Al ‘Allamah Asy Syaikh’Muhammad Said Al Yamani.
3.    Al ‘Allamah Asy Syaikh Mukhtar Betawi.
4.    Al ‘Allamah Asy Syaikh Abdul Qadir Al Mandili (Murid khusus dari Al ‘Allamah Asy Syaikh Ahmad Khathib Minangkabau, Sumatera Barat)
5.    Al ‘Allamah Al Faqieh Asy Syaikh Abdul Hamid Abdur Rabb Al Yamani.
6.    Al Mutafannin Al ‘Allamah As Sayyid Muhsin Al Musawa (Muassis/Pendiri Darul ‘Ulum Ad Diniyah, Makkah Al Mukarramah).
7.    Al ‘Allamah Al Adieb Asy Syaikh Abdullah Al Lahaji Al Farisi (Pengarang yang sangat terkenal)

Ilmu ‘Arudl (Syair Bahasa Arab) beliaubelajar pada:
1.    Al ‘Allamah Asy Syaikh Abdul Gani Al Qadli.
2.    Al ‘Allamah Al Adieb As Sayyid Muhammad Amin Al Kutbi.

Ilmu Falak, beliau belajar pada :
1.    Maulanasy Syaikh Salim Cianjur (Jawa Barat)
2.    Al ‘Alimul ‘Allamah Al Falaki Maulanasy Syaikh khalifah Al Maliki
3.    Al ‘Allamah As Sayyid Ahmad Dahlan Shadaqah Asy Syafi’i..

Ilmu Hadits, Mushthalahul Hadits, Mushthalahut Tafsir ilmu Fara’idl, Sirah (Tarikh) dan berbagai ilmu alat (Nahwu-Shorf) beliau belajar pada :
1.    Al ‘Allamah Al Kabir Sibawaihi Al Mutafannin Sibawaihi Zamanihi Asy Syaikh Au Al Maliki.
2.    Al ‘Allamah Al Jalil Asy Syaikh Jamal Al Maliki.
3.    Al ‘Alimul ‘AllamahAl Kabier Al Muhaddits Maulanasy Syaikh Umar Hamdan Al Mihrasi Asy Syafi’i.
4.    Al. ‘Alimul ‘Allamah Al Muhaddits Maulanasy Syaikh Abdullah Al Bukhri Asy-safi’i (Mufti Istambul).
5.    Maulana Wa Murabbi Abil Barakat Al ‘Alimul ‘Allamah Al Ushuli Al Muhaddits Ash Shufi Al ‘Arifu Billah Maulanasy Syaikh Hasan Muhammad Al Masysyath Al Maliki.
6.    Al ‘Alimul ‘Allamah Ash Shorfi Maulanasy Syaikh Mukhtar Machdum Al Hanafi.
7.    Al ‘Ailmul ‘Allamah Maulanasy Syaikh As Sayyid Muhsin Al Musawa.
8.    Al. ‘Alimul ‘Allamah Al Adieb Ash Shufi Maulanasy Syaikh As Sayyid Muhammad Amin Al Kutbi Al Hanafi
9.    Al ‘Allamah Asy Syaikh Umar Al Faruq Al Maliki.
10.  Al ‘Allamah Al Kabier Asy Syaikh Abdull Qadir Asy Syalabi Al Hanafi.
11.  Dan lain-lain.

Ilmu Awrad (Ahzab) beliau belajar pada :
1.    Al ‘Allamah (Kiai) Falak (Bogor Jawa Barat)
2.    Maulanasy Syaikh Malla Musa Al Magribi.

Al Khath (Kaligrafi), beliau belajar pada :
1.    Al Khatthath Asy Syaikh Abdul Aziz Langkat
2.    Al Khatthath Asy Syaikh Muhammad Al Rais Al Mailki.
3.    Al Khatthath Asy Syaikh Daud Al Rumani Al Fatharil.

Perlu diketahui, bahwa. guru-guru besar beliau tersebut dan yang lainnya, semuanya menganut faham Ahlussunnah wal Jama’ah. Tegasnya tidak ada satu pun yang menganut faham selain itu, seperti Mu’tazilah, Wahabi dan lain-lain.
Kenyataan ini membuktikan kebenaran ucapan dan pesan-pesan beliau kepada seluruh muridnya yang sering disampaikan pada banyak kesempatan, yaitu “Hati-hatilah mencari dan memilih guru, jangan sembarang pilih. Pilihlah guru yang memenuhi syarat, karena guru merupakan sumber ilmu dan kebenaran serta panutan bagi murid untuk mencapai kebahagiaan baik di dunia-maupun di akhirat. Syarat menimal bagi seorang guru adalah berbakti kepada kedua orang tua, taat kepada guru, berakhlaq baik dan memlilki kemampuan ilmu”.
Dalam kata pengantar .yang beliau tulis untuk kitab Bugyatul Mustarsyidin karya Maulanasy Syaikh Hasan Muhammad Al Masysyath antara lain beliau menulis dalam bahasa Arab yang artinya :
“Bahwa Nabi Muhammad Saw telah menasihati ummatnya dalam hadits yang diriwayatkan Al Hakim dan Anas ra. sabda beliau :
اِنَّ هَذَاالْعِلْمَ دِيْنٌ فَانْظُرُوْاعَمَّنْ تَأْخُذُوْنُ دِيْنَكُمْ
Artinya : “Sesungguhnya ilmu ini (yaitu tentang halal, haram) adalah agama, maka perhatikan dari siapa kalian mempelajari agama kalian”.

Yang dimaksud dengan “Al Ilmu” dalam hadits terse but adalah ilmu syari’at meliputi tafsir, hadits dan fiqh. Hadits ini beliau tafsirkan dengan sabda beliau yang diriwayatkan Ibnu ‘Asakir dari Malik r.a. yaitu :
لاَ تَحْمِلِ الْعِلْمَ عَنْ أَهْـلِ الْبِدَعِ وَلاَ تَحْمِلْهُ عَمَّنْ لَمْ يُعْرَفْ بِالطَّلَبِ وَلاَ عَمَّنْ يَكْذِبُ فِى حَدِيْثِ النَّاسِ وَاِنْ كَانَ فِى حَدِيْثِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ لاَيَكْذِبُ.
Artinya : “Janganlah engkau belajar ilmu syari’at pada ahli bid’ah, jangan pula mempelajarinya pada orang yang tidak diketahui pernah lama belajar, juga pada orang yang suka berbohong dalam menceriterakan ucapan, perbuatan dan persetujuan seseorang manusia, walaupun dalam menceriterakan hadits Rasulullah Saw dia tidak pernah berdusta”.

Berkata Imam Al Azizi dalam menjelaskan hadits yang pertama :
لاَ تَأْخُذُوْهُ (الْعِلْمَ الشَّرْعِيَّ) اِلاَّ عَمَّنْ طَابَتْ سِيْرَتُهُ وَسَرِيْرَتُهُ وَتَحَقَّـقْـتُمْ اَمَانَـتَهُ.
Artinya : “Janganlah kalian mempelajari ilmu syari’at kecuali pada orang yang baik riwayat hidupnya dan baik pula bathinnya serta kalian yakini kejujurannya”.

Dengan uraian di atas, maka jelaslah silsilah dan sanad serta sumber ilmu agama yang tumbuh dan hidup subur di Madrasah NWDI dan NBDI yang merupakan sumber jiwa dan semangat perjuangannya dalam membina ummat dari sejak lahir, sekarang dan untuk seterusnya adalah faham Ahlussunnah wal Jama’ah.

Karya-karyanya

TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid, selain tergolong tokoh ulama’ dengan bobot keilmuan yang dalam, beliau juga penulis dan pengarang yang produktif. Bakat dan kemampuan beliau sebagai pengarang ini, tumbuh dan berkembang dari sejak. beliau masih belajar di Madrasah Shaulatiyah. Akan tetapi karena padat dan banyaknya acara kegiatan keagamaan dalam masyarakat yang harus diisi beliau, maka peluang dan kesempatan untuk memperbanyak tulisan dan karangannya tampaknya tidak pernah ada.
Itulah sebabnya pada beberapa kesempatan, beliau mengungkapkan keadaan seperti ini kepada muridnya, bila mana beliau teringat pada kawan seperjuangannya di Madrasah Ash Shaulatiyah Makkah yang juga telah tergolong ulama’ besar dan pengarang terkenal seperti Maulanasy Syaikh Zakaria Abdullah Bila, Maulanasy Syaikh Yasin Padang dan lain-lain. Mereka sekarang ini memiliki karya-karya besar dalam bidang tulis menulis dan karang-mengarang.
Akan tetapi TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid tidak pernah berkecil hati, walaupun kawan seperguruannya menonjol dalam bidang tersebut. Beliau menyadari akan hal ini karena situasi dan kondisi kehidupan ummat dan masyarakat yang dihadapi sangat jauh berbeda, yaitu masyarakat Makkah di satu pihak dan masyarakat Indonesia di pihak lain. Beliau pernah mengatakan “Seandainya aku mempunyai waktu dan kesempatan yang cukup untuk menulis dan mengarang, niscaya aku akan mampu menghasasin Padang, Syaikh Ismail dan ulama’-ulama’ lain tamatan Madrasah Asy Shaulatiyah Makkah”.

TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid sekarang ini, tampaknya memang tidak cukup waktu dan kesempatan untuk mengarang dan menulis, karena sebagian besar dan bahkan seluruh waktu dan kehidupan beliau hanya dipakai dan dimanfaatkan untuk mengajar dan terus mengajar, berdakwah keliling untuk membina ummat dalam upaya menanamkan iman dan taqwa.

Kendatipun demikian, di tengah-tengah kesibukan itu beliau masih menyempatkan diri untuk mencoba mengembangkan bakat dan kemampuannya.
Bagi beliau, mengarangan dan tulis menulis, bukanlah suatu tugas dan pekerjaan yang sulit, karena hal ini merupakan bakat dan kemampuan dasar yang dianugrahkan Allah kepada beliau. Bakat dan kemampuan dasar inilah yang terus tumbuh dan berkembang sejak beliau masih belajar di Madrasah Ash Shaulatiyah Makkah, sehingga tidak mengherankan kalau beliau mendapat pujijn dari salah seorang maha gurunya, seorang penyair dan pujangga besar Arab, yaitu Maulanasy Syaikh: As Sayid Muhammad Amin Al Kutbi yang sudah dikemukakan pada uraian yang terdahulu.
Di antara Karya Tulis dan Karangan beliau adalah :

A.  Dalam Bahasa Arab
1.   Risalatut Tauhid dalam bentuk soal jawab (Ilmu Tauhid).
2.   Sullãmul Hija Syarah Safinatun Naja (Ilmu Fiqih)
3.   Nahdlatuz Zainiyah dalam bentuk nadham (limu Faraidi)
4.   At Tuhfatul Ampenaniyah Syarah Nahdlatuz Zainiyah (Ilmu Faraidi)
5.   Al Fawakihul Ampenaniyah dalam bentuk soal jawab (Ilmu Faraidi)
6.   Mi’rajush Shibyan ila Sama-i Ilmil Bayan (Ilmu Balaghah)
7.   An Nafahat ‘alat Taqriratis, Saniyah (Ilmu Mushtalah Hadits)
8.   Nailul Anfal (Ilmu Tajwid)
9.   Hizbu NahdlatuI Wathan (Do’a dan Wirid)
10.     Hizbu Nahdlatul Banat (Do’a dan Wirid kaum wanita)
11.     Shalawat Nahdlatain (Shalawat Iftitah dan Khatimah)
12.     Thariqat Hizib Nahdlatul Wathan (Wirid Harian)
13.     Ikhtisar Hizib Nahdlatul Wathan (Wirid Harian)
14.     Shalawat Nahdlatul Wathan (Shalawat iftita)
15.     Shalawat Miftahi Babi Rahmatillah (Wirid dan do’a)
16.     Shalawat Mab’utsi Rahmatan lil ‘Alamin (Wirid dan do’a)
17.     Dan lain-lainnya.
 
A.  Dalam Bahasa Indonesia dan Sasak.
1.    Batu Ngompal (Ilmu Tajwid)
2.    Anak Nunggal Taqrirat Batu Ngompal (Ilmu Tajwid)
3.    Wasiat Renungan Masa I & II (Nasihat dan petunjuk perjuangan untuk warga NW)

B.  Nasyid/Lagu Perjuangan dan Dakwah dalam Bahasa Arab, Indonesia dan Sasak
1.    Ta’sis NWDI (Anti ya Pancor biladi)
2.    Imamunasy Syafi’i
3.    Ya Fata Sasak
4.    Ahlan bi wafdizzairin
5.    Tanawwar
6.    Mars Nahdlatul Wathan
7.    Bersatulah haluan
8.    Nahdlatain
9.    Pacu gama’
10. Dan lain-lainnya.

1 komentar: